Jaguar F-Pace Dirilis Dengan Mesin Supercharged V6


BlogMotor - Jaguar akhirnya mengangkat selubung dari Crossover pertamanya, F-Pace, di malam Frankfurt Motor Show.

Dideskripsikan sebagai performance crossover, F-Pace dibangun pada Jaguar Lightweight Aluminum Architecture dan ditenagai oleh unit mesin bensin dan diesel dengan output tenaga berkisar antara 180PS (178hp) dan 380PS (375hp).

Jajaran mesin meluputi 180PS (177hp) 2.0-liter diesel manual RWD/AWD dan AWD otomatis, mesin bensin 2.0-liter 240PS (237hp) RWD otomatis, mesin diesel 3.0-liter 300PS (296hp) AWD otomatis, dan mesin bensin 3.0-liter 340PS (335hp) dan 380PS (375hp) AWD otomatis.

Struktur bodi ringan dan kaku terdiri dari 80 persen aluminium, sehingga membuat mobil ini dengan satu-satunya aluminum-intensive monocoque dalam segmen. Pengurangan berat tambahan berasal dari pintu belakang komposit dan magnesium untuk bagian seperti cross-car beam.

Alhasil, mesin diesel rear-wheel drive 180PS model transmisi manual beratnya menyusut 1,665 kg, mendapat emisi CO2 hanya 129g/km. Dengan mesin bensin supercharged V6 380PS  berasal dari F-Type, All-new F-Pace dapat melaju dari 0-60 mph (96 km/h) hanya dalam 5.1 detik sebelum mencapai kecepatan puncak elektronik terbatas 155mph (250 km/h).

F-Pace tidak berbagi wheelbase dan panjang dengan Jaguar lainnya. F-Pace memiliki panjang 4,731mm dan wheelbase 2,874mm. Berkat panjangnya wheelbase, dapat menampung lima penumpang dewasa "kenyamanan mutlak" dan memiliki volume bagasi 650 liter (33,5 cu-ft).

Kelebihan Model AWD dari torsi on-demand sistem all-wheel drive yang Jaguar katakan adalah yang paling canggih dan memiliki kapasitas torsi tertinggi. Fitur sistem kontrol in-house ini pertama kali dikembangkan untuk F-Type AWD yang disebut Intelligent Driveline Dynamics (IDD). IDD mempertahankan kelincahan dan karakter handling rear-wheel drive tapi secara mulus dapat mentransfer torsi ke roda depan untuk mendapatkan traksi ekstra pada semua permukaan dan di segala cuaca.

Kelebihan F-Pace dari keahlian adik perusahaan Land Rover dengan Adaptive Surface Response (ASR), dikembangkan dari teknologi Terrain Response. Diintegrasikan ke Jaguar Drive Control, ASR mengidentifikasi jenis permukaan dan mengoptimalkan pemetaan powertrain dan sistem Dynamic Stability Control.

Model ini juga mendapat sistem infotainment InControl Touch Pro yang berbasis di sekitar layar sentuh 10,2 inci dan memiliki prosesor quad-core yang bertenaga, solid-state drive dan berjalan pada ultra-fast Ethernet. Jaguar mengatakan user interface bernaluri dan "sangat cepat dengan grafis yang tajam dan sangat responsif." F-Pace juga menawarkan layar laser head-up yang memproyeksikan informasi penting seperti kecepatan kendaraan dan batas kecepatan langsung ke baris penglihatan pengemudi.

SUV pertama Jaguar juga membuat debut Activity Key, tahan air, gelang tahan guncangan dengan transponder terintegrasi. Teknologi dapat dipakai mendukung gaya hidup aktif dengan memungkinkan keyfob yang akan terkunci di dalam kendaraan. Mengunci mobil menggunakan Activity Key akan menonaktifkan keyfobs ditinggalkan dalam.



Related Posts
Previous
« Prev Post